Indonesia di Luar Sana

2 Sep 2009

Tau Earth Hour?

‘apaan tuh earth hour?’ benamikir

Yup. 60 menit untuk si Om bumi, itu lebih tepatnya. Earthhour awalnya adalah sebuah kampanye penduduk Sydney, Australia, untuk matiin lampu di tempat mereka dalam rangka mengatasi Global Warming. Earthhour udah berkembang menjadi salah satu kegiatan terbesar Dunia bagi perubahan iklim.

‘terus apa hubungannya sama Indonesia, ben?’

sekarang liat deh video ini :

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/MCeZHZuYbEw" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Itu adalah video saat Earth Hour, yang dilakukan oleh siswa-siswi Indonesia yang tinggal di asrama di daerah Wassenaar, Belanda.

benanangisGue tersenyum sekaligus terharu abis ngeliat video itu, betapa bersatunya mereka, Anak-anak Indonesia yang meskipun tinggal jauh di negara eropa sana, masih bisa berkumpul bersama anak-anak Indonesia yang lain..

Begitu juga yang ada di negara lain, di luar Indonesia, gue disini pengen nyeritain tentang ‘apa sih yang dilakukan Orang Indonesia yang ngga tinggal di Indonesia?’ apa mereka masih peduli sama Indonesia? Tanah Air dimana mereka lahir dan dibesarkan?

Coba liat video ini :

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/4uuqtPkDqf8" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Bangganya gue ngeliat budaya-budaya kita dikumandangkan di negeri orang, video tersebut adalah video anak-anak Indonesia di Hamburg, Jerman, yang menampilkan permainan Angklung. Mereka juga menampilkan Tari Ramayana dan Rampak Kendang.

Bahkan di Indonesia sendiri, sebelum penampilan sebuah Band Rock Dunia, Mr.Big, bulan Agustus lalu, mereka sudah mempersiapkan waktu untuk menyanyikan lagu Kebangsaan ‘Indonesia Raya‘.benashockbenasip

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/tgIlI1fSRDA" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Itulah dia pandangan gue tentang Indonesia di luar sana, ternyata semua Orang-orang Indonesia khususnya para Pelajar Indonesia yang sedang mencari ilmu di negeri orang, tetap aktif berkumpul dengan Anak Indonesia lainnya, bahkan terus mengumandangkan hal-hal tentang Indonesia seperti salah satunya Kebudayaan Angklung tadi.

Ini.

Ini yang disebut bersatu.

Tidak hanya di negeri kita sendiri.

Tapi bagaimana Kita tetap bisa bersatu sebagai Bangsa Indonesia meskipun kita tidak berada di Tanah Air ini.

‘wah.. bener juga ben.. terus apa lagi ben?’

Kejadian Bom Marriot Ritz Carlton lalu, tau? Ya, semua kejadian pasti ada hikmahnya, dan salah satu hikmahnya adalah terbentuknya Indonesia Unite, sebuah gerakan, sebuah pernyataan sikap bahwa Bangsa Indonesia Bersatu. Sebuah gerakan dari komunitas Online tanpa perintah dari siapapun, yang menggerakan hati Rakyat Indonesia yang memiliki gerakan hati yang sama atas rasa marah, sedih dan kecewa atas teror bom yang menyerang Indonesia.

Tidak disangka-sangka, kejadian naas itu malah bikin gerakan #IndonesiaUnite didenger sampe ke seluruh dunia. #IndonesiaUnite sendiri terdengar di berbagai macam media, radio, koran, sampe baju-bajunya banyak dibuat dengan bertuliskan “KAMI TIDAK TAKUT” sebagai wujud perasaan kita yang TIDAK TAKUT akan TERORISME!

benderaindonesia

Saat inilah,

saat yang paling tepat untuk menunjukkan rasa Persatuan kita sebagai Bangsa Indonesia, dengan terus berkarya untuk Indonesia dalam semua aspek(terutama kebudayaan), membawa nama baik Indonesia agar seluruh dunia tau bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika!! BERBEDA-BEDA, tetapi tetap SATU!!

Hidup Indonesiaku!

Aku bangga jadi Orang Indonesia!
benamarahbenamarahbenamarah


TAGS merah putih indonesiaku di blogdetik


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post